Pemasangan Kaca Gedung Bertingkat Sistem Curtain Wall

Pemasangan Kaca Gedung Bertingkat Sistem Curtain Wall

Pemasangan Kaca Gedung Bertingkat Berbahan Aluminium dan Kaca

Pemasangan Kaca Gedung Bertingkat yang sering kita lihat di beberapa tempat khususnya yang terbanyak adalah di wilayah perkotaan dilakukan oleh spesialis yang memang khusus dibidangnya. Tak semua kontraktor menguasai dengan baik cara pemasangan kaca gedung yang baik, sehingga proses pemasangannya dilakukan oleh kontraktor yang memang spesialis di bidang tersebut.

Melihat cara pemasangannya seperti kita lihat memang memerlukan nyali yang besar, terkadang mereka bergantungan di ketinggian dalam prosesnya. Oleh karena itu diperlukan tenaga dan tukang yang memang sudah berpengalaman agar mendapatkan hasil yang maksimal dan meminimalisir resikonya. Memang sudah tak asing lagi bahwa untuk gedung gedung bertingkat saat ini lebih banyak menggunakan material kaca untuk pelapis dinding luarnya.

Produk Untuk Pemasangan Kaca Gedung Bertingkat

Bahan utama dalam pemasangan kaca gedung bertingkat adalah aluminium dan kaca yang mana akan dibuat sebagai pelapis dinding luar. Terkadang sebagai pelengkap digunakan pula material ACP (aluminium composite panel) agar tampilan gedung lebih bervariasi dan mewah. Bahan dari ACP ini banyak mendominasi berbagai gedung bertingkat yang mana dalam pelaksanaanya bisa terdapat berbagai merk produk.

Dimana setiap produk memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan masing masing. Sebagian besar produk ACP ini adalah produk import dari beberapa negara. Bahan untuk pembuatan kaca gedung bertingkat ini utamanya adalah aluminium dan kaca, mengenai jenis aluminium dan kaca yang biasa dipakai akan dijelaskan dalam penjelasan di paragraf ke 5 dan ke 6 tulisan ini. Bahan ACP umumnya diimpor dari negara berikut ini :

  1. Jepang
  2. USA
  3. German
  4. Korea
  5. Taiwan
  6. China
  7. Produk Lokal

Sistem Pemasangan Kaca Gedung Bertingkat

Di dalam pekerjaan Pemasangan Kaca Gedung Bertingkat ini terdapat beberapa macam sistem yang digunakan. Pada umumnya yang pertama adalah melihat dari view tampak luar bangunan akan dibuat seperti apa. Dan selebihnya adalah tugas dari kontraktor yang bersangkutan untuk menentukan jenis material maupun profilnya. Dimana tidak hanya cocok saja yang diperlukan, lebih dari itu yang paling diutamakan adalah pertanggungjawaban mengenai kekuatannya.

Pemasangan Kaca Gedung Bertingkat

Berbicara mengenai apa itu kekuatan struktur curtain wall / dinding kaca akan kami bahas dalam artikel lain di website ini. Berikut ini adalah beberapa sistem pemasangan curtain wall yang dipasang pada umumnya :

  • Sistem Back Mullion, adalah merupakan sistem pemasangan kaca dimana tiang vertikalnya diletakkan di belakang kaca sehingga tidak kelihatan dari luar.
  • Sistem Stick Curtain Wall atau Exposed Frame, adalah sistem pemasangan kaca dimana rangka vertikal dan horisontalnya kelihatan dari tampak luarnya. Seperti halnya sistem pemasangan kusen, namun secara fungsional dan ketahanan bocor sangat berbeda dengan pemasangan kusen aluminium pada umumnya.
  • Sistem Kaca Spider, adalah pemasangan kaca dengan menggunakan pin stainless stell seperti kaki kaki spider.
  • Curtain Wall Sistem Unitized, pemasangan kaca gedung dimana rangka dan kacanya difabrikasi di workshop, sehingga ketika sampai dilapangan sudah dalam bentuk jadi.

Sistem Joint Glass Pemasangan Kaca Gedung Bertingkat

Ketiga sistem diatas adalah merupakan sistem Pemasangan Kaca Gedung yang ada dan dilakukan pada umumnya. Sistem pemasangan dengan back mullion bisa dilakukan dengan mengatur posisi frame aluminium vertikal tersembunyi dan frame horisontal kelihatan dari luar. Atau bisa juga dipasang dengan sistem joint glass, dimana kedua rangka aluminium baik itu rangka vertikal dan horisontalnya sama sama tersebunyi. Atau sistem ini sering juga disebut dengan sistem glass to glass atau kaca ketemu kaca yang hanya diberikan pembatas sealant diantaranya.

Hanya bedanya di sistem joint glass ini wajib menggunakan sealant structural, karena kaca tersebut kekuatan pegangan ke rangka aluminium 100% hanya mengandalkan kekuatan sealant. Sehingga tidak boleh menggunakan sealant non struktural, karena akan berbahaya terhadap kekuatan lekat kaca nantinya. Namun demikian banyak yang belum tahu mengenai sistem pemasangan ini, dan hanya menggunakan sealant biasa pada pelaksanaannya. Materi mengenai sealant struktural akan kami bahas di artikel mendatang.

Kelebihan menggunakan sistem joint glass adalah :

  1. Tidak kelihatan frame dari luar
  2. Tampak lebih bersih
  3. Glass to glass
  4. Estetika
  5. Lebih terasa elegan/mewah

Sistem Umum Pemasangan Kaca Gedung Bertingkat

Kontraktor atau aplikator spesialis Jasa Pemasangan Kaca Gedung pada umumnya menggunakan sistem pemasangan diatas. Karena sistem yang ada di negara kita ini pada dasarnya masih mengadopsi sistem yang konvensional. Dengan menggunakan metode ini memang diharapkan lebih menekan biaya dibandingkan dengan sistem unitized. Namun untuk membuat variasi dari kaca itu sendiri, saat ini banyak dipakai beberapa material semacan ornamen yang dipasang searah rangka aluminium secara vertikal maupun horisontal.

Sedangkan bahannya bisa terbuat dari aluminium dan ACP (aluminium composite panel), karena hanya dua material itu yang paling banyak digunakan karena dibuat untuk tahan dengan cuaca di luar ruangan. Meskipun mungkin ada beberapa alternatif material lainnya yang bisa dipakai untuk area luar yang sanggup terkena sinar matahari dan hujan secara langsung. Untuk artikel jenis macam cladding yang dipakai untuk area luar sudah pernah kami posting sebelumnya dalam penjelasan jasa pasang curtain wall di website ini.

Jika Anda memiliki gedung yang akan dibungkus menggunakan aluminium, kaca maupun ACP silahkan hubungi kami disini Jasa Pemasangan Curtain Wall dari PT. Alumindo Cipta Cakrawala.

Material Aluminium Pada Pemasangan Kaca Gedung Bertingkat

Berikut ini adalah beberapa material yang sering digunakan dalam hal Cara Pemasangan Kaca Pada Gedung dan alternatif variasi bahan yang dipakai kontraktor kaca khususnya kaca gedung, diantaranya adalah :

  1. Rangka Aluminium, aluminium merupakan bahan utama rangka kaca yang digunakan untuk menopang/tempat dudukan kaca agar bisa dipasang di posisinya. Rangka aluminium banyak jenisnya, biasanya dilihat dari merk/produk/fabrikan dan dalam pelaksanaannya bisa dipakai beberapa warna yang bisa dipilih sesuai selera masing masing. Berdasarkan produk/merknya yang sering digunakan adalah sebagai berikut :
  2. Aluminium merk/produk dari Alexindo
  3. Aluminium merk/produk dari ATA (Aluminium Technology Advance) atau biasa juga disebut Aluminium produk Edico
  4. Aluminium merk/produk dari Indalex
  5. Aluminium merk/produk dari HP Metal
  6. Umumnya empat produk aluminium diatas yang sering dipakai untuk pengerjaan facade kaca, karena mereka memiliki banyak dies/profil yang lengkap untuk pekerjaan facade gedung. Meskipun mungkin ada beberapa merk/produk lain yang digunakan, namun pelopor untuk pekerjaan facade bisa memakai produk diatas.

Material Kaca Pada Pemasangan Kaca Gedung Bertingkat

Kaca merupakan bahan utama penyusun pekerjaan curtain wall. Ada beberapa produk yang mungkin familiar digunakan, seperti produk dari Asahimas dan Mulia. Sedangkan menurut jenis dan warnanya kaca yang dipakai untuk pembuatan facade gedung diantaranya :

  • Kaca Stopsol
  • Kaca Tintend/Panasap
  • Kaca Polos
  • Kaca Laminated
  • Kaca Double / Double Glass

Sedangkan menurut fungsionalnya kaca tersebut bisa di finish dengan tempered atau tidak, tentu disesuaikan dengan kebutuhan saja.

ACP (Aluminium Composite Panel), merupakan bahan aluminium lembaran dengan tebal 4 mm yang terdiri dari 2 lapisan aluminium luar dan dalam serta ditengahnya da lapisan polyethilene serta perekatnya. Untuk lapisan luar di finish menggunakan sistem Kynar 500 atau PVDF, sehingga lebih tahan cuaca luar ruangan.

Memiliki banyak warna yang beraneka ragam sehingga banyak pilihan untuk dipakai dalam Pemasangan Kaca Gedung Bertingkat dan bisa disesuakan dengan bahan material pendamping lainnya. Berdasarkan merk ACP ini terdiri dari berbagai macam produk, dimana setiap produk berbeda kualitasnya. Akan kami bahas dalam topik selengkapnya di waktu mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.